Dilandasi Rasa Patriotisme Yang Tinggi, Kodim 0801/Pacitan Selenggarakan Upacara Bendera.


KARYA LENSA| Pacitan - Dengan dilandasi rasa patriotisme yang tinggi, Kodim 0801/Pacitan menyelenggarakan upacara pengibaran bendera merah putih, yang berlangsung di lapangan upacara Makodim Jl. Letjen Suprapto No. 42 Pacitan, Senin (06/05/2024). 


Dalam momen itu, bertindak sebagai Irup yakni Letda Cpl Indra Masruhin yang sehari-hari menjabat sebagai Danramil 0801/02 Kebonagung. Kemudian juga diikuti personil, baik Perwira, Bintara, Tamtama Kodim 0801/Pacitan.


Selain memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa, melalui kegiatan upacara pengibaran bendera merah putih diharapkan dapat meningkatkan semangat kedisiplinan para prajurit dalam menghadapi berbagai tantangan serta dinamika yang berkembang saat ini. 


Tak lupa, Irup juga menekankan kepada seluruh prajurit agar senantiasa berpegang teguh pada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI, sebagai sarana membentengi diri dalam setiap langkah maupun tindakan dalam menjalankan tugas negara. 


"Tetaplah menjadi contoh dan suri tauladan dengan berbuat baik kepada siapapun. Hindari segala tindakan yang bertentangan dengan hukum, sehingga dapat merusak nama baik satuan maupun mencoreng institusi TNI", jelasnya saat memberikan arahan usai pelaksanaan upacara. 

Dirinya juga megingatkan pentingnya upacara bendera kali ini, bukan hanya sebatas rutinitas semata, namun harus benar-benar dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa nasionalisme sebagai anak bangsa dalam menghargai serta menghormati jasa para pahlawan yang telah gugur. 


"Mari kita saling bergotong royong, bahu membahu dalam menjaga keutuhan NKRI untuk mewujudkan Indonesia maju dan sejahtera, sehingga dapat bersaing dengan negara maju lainnya di dunia", ungkapnya.(*Red)

Lebih baru Lebih lama