Tingkatkan Swasembada Pangan Nasional, Dandim 0801/Pacitan Ikuti Apel Siaga Penyerahan Alsintan.


KARYA LENSA|Surabaya - Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto S.I.P., M.I.P., turut hadir dalam rangka apel siaga penyerahan bantuan alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang berlangsung di Lapangan Kodam V/Brawijaya Jl. R Wijaya Surabaya, Kamis (18/04/2024). 


Bantuan diserahkan langsung oleh Kementan RI Andi Amran Sulaiman kepada Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, yakni berupa benih jagung hibrida sejumlah 1.301.265 kg dan benih padi inbrida sejumlah 6.150.000 kg senilai Rp 161.715.900.000,-. Selain itu sebanyak 3.700 Unit Pompa Air dan DAM Parit senilai 124.223.000.000. 


Pj. Gubernur Jatim menyampaikan, bahwa bantuan tersebut diharapkan dapat menumbuhkan optimisme para petani di Jawa Timur untuk meningkatkan hasil pertanian tahun ini serta mendukung swasembada pangan nasional.


“Dengan adanya pompanisasi, kita dapat membantu para petani dalam memenuhi kebutuhan air, sehingga hasil produksi padi nantinya bisa meningkat,” tegasnya.


Menurutnya bantuan ini dinilai sangat tepat, lantaran Jawa Timur dalam kurun 4 tahun terakhir ini mampu mempertahankan posisi sebagai lumbung padi terbesar di Indonesia, hingga mencapai 17,9 %.


“Terima kasih Pak Menteri, telah memberikan bantuan alsintan dan benih kepada para petani di Jawa Timur. Ini adalah bentuk perhatian yang luar biasa, karena Jatim menjadi provinsi pertama yang dikunjungi untuk program akselerasi produksi padi”, jelasnya. 


Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan menyampaikan, bahwa dengan adanya bantuan alsintan dan benih oleh Pemerintah melalui Kementan RI tersebut, diharapkan dapat menjawab kebutuhan para petani di Jawa Timur, untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. 

"Mudah-mudahan dengan terealisasinya bantuan ini dapat meningkatkan hasil produksi pertanian masyarakat serta memenuhi kebutuhan pangan nasional yang semakin hari kian meningkat, dihadapkan jumlah penduduk yang terus bertambah", ungkapnya.(*) 

Lebih baru Lebih lama