Upaya Tanggap Bencana, Koramil 0801/03 Arjosari Bantu Atasi Tebing Longsor.


KARYA LENSA|Pacitan - Bencana tanah longsor kembali terjadi di jalur utama yang menghubungkan Kab. Pacitan dengan Kab. Wonogiri tepatnya di Tompak Gandring, Dusun Mendang, Desa Karanggede, Kec. Arjosari, Kab. Pacitan, Jumat (19/04/2024). 


Penyebab tanah longsor ditengarai saat wilayah tersebut diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak malam tadi. Akibatnya, sekira pukul 05.00 WIB tebing setinggi 50 meter, lebar 5 meter mengalami longsor hingga menutup jalan utama. 


Setelah mendapat laoporan dari warga, kemudian anggota Koramil 0801/03 Arjosari Kodim 0801/Pacitan mendatangi TKP, untuk berkoordinasi dengan pihak Aparat setempat maupun Dinas PUPR guna evakuasi material longsor menggunakan alat berat. 


Sementara itu, Danramil 0801/03 Arjosari Letda CKE Misrum mengatakan, bahwa upaya evakuasi material longsoran saat ini sudah dilakukan secara manual maupun menggunakan alat berat, agar jalur utama bisa  segera bisa dilewati. 


"Berkat kerja keras dan kesigapan Aparat serta masyarakat, meterial longsor bisa dievakuasi dengan cepat. Kami juga bersyukur dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa", ujarnya saat dikonfirmasi secara terpisah.


Lebih dari itu, dirinya menghimbau kepada masyarakat agar selalu waspada dan berhati-hati terlebih saat terjadi hujan, melihat geografi Pacitan sebagian besar merupakan wilayah perbukitan, sehingga rawan terjadi longsor. 

"Saya tekankan kepada para Babinsa jajaran, agar selalu memantau dan monitoring wilayah binaan masing-masing. Laporkan setiap ada kejadian menonjol kepada komando atas sebagai langkah antisipasi sejak dini", ungkapnya.(*)

Lebih baru Lebih lama