Dampingi Fogging, Babinsa Koramil 0801/11 Donorojo, Upaya Pencegahan Dini Terhadap Penyebaran DBD.


KARYA LENSA|Pacitan - Upaya untuk mewujudkan lingkungan sehat serta bebas dari penyebaran penyakit, terus dilakukan oleh Babinsa Koramil 0801/11Donorojo, Kodim 0801/Pacitan yakni dengan mengadakan Fogging, yang berlangsung di Dusun Gunungsari, Desa Belah, Kec. Donorojo, Kab. Pacitan, Sabtu (30/03/2024). 


Tak hanya sendiri, dalam pelaksanaannya di lapangan, pihaknya juga bekerjasama baik dengan Dinas Kesehatan Kab. Pacitan, Puskesmas Kec. Donorojo, maupun Perangkat Desa Belah, sehingga bisa berjalan secara optimal. 



Kegiatan Fogging selain bertujuan mewujudkan lingkungan sehat bebas dari penyakit, juga merupakan upaya pencegahan dini dalam memberantas sarang nyamuk penyebab DBD. 


Dikatakan Serda Suyatno, bahwa tingkat kewaspadaan terhadap nyamuk Aedes aegypti penyebab penyakit Demam Berdarah Dengue harus senantiasa terus ditingkatkan, salah satunya melalui Fogging. 


"Disaat musim hujan tiba, seringkali banyak terjadi genangan air seperti pada selokan maupun tempat-tempat lain yang menjadi sarang nyamuk, yang memungkinkan untuk berkembang biak, ini yang harus kita perhatikan", ujarnya saat dikonfirmasi awak media di lokasi. 


Oleh karena itu, sangat diperlukan upaya-upaya pengendalian dan pemberdayaan masyarakat dalam memberantas nyamuk penyebab DBD secara terus menerus, baik di dalam maupun di lingkungan rumah, serta di tempat-tempat umum lainnya seperti sekolah, pasar dan lain-lain. 

"Kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar tempat tinggal masing-masing agar terhindar dari berbagai macam penyakit salah satunya DBD. Apabila mengalami sakit segera periksakan ke dokter guna mendapat penanganan yang tepat", jelasnya.(*)

Lebih baru Lebih lama