Danramil 0801/02 Kebonagung Hadiri Pertemuan, Upaya Pencegahan, Kesiapsiagaan Terhadap Bencana.


KARYA LENSA|Pacitan - Pacitan - Danramil 0801/02 Kebonagung Kodim 0801/Pacitan Letda Cpl Indra Masruhin menghadiri pertemuan, dalam rangka penguatan kapasitas kawasan untuk pencegahan dan kesiapsiagaan mengantisipasi bencana, berlangsung di Balai Desa Purwoasri, Kec. Kebonagung, Kab. Pacitan, Sabtu (04/05/2024). 


Kegiatan tersebut juga menghadirkan narasumber Kepala BPBD Kab. Pacitan Bpk.Erwin Andriatmoko S.Stp,MM, serta melibatkan Forkopimca, Perangkat Desa, Relawan dan Masyarakat. 



Melalui upaya mitigasi pembinaan masyarakat yang tangguh, diharapkan dapat meningkatkan kapasitasnya sehingga memiliki kesiapsiagaan dalam pengurangan risiko bencana di wilayahnya. 


Selain itu, dihadapkan dengan dari letak geografi wilayah sebagian besar wilayah Pacitan yang merupakan dataran tinggi dan pesisir pantai, sehingga mempunyai tingkat kerawanan terjadi bencana. 


Dalam paparannya, Kepala BPBD menyampaikan bahwa pembinaan tersebut bertujuan agar masyarakat memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana serta memulihkan diri dengan segera dari dampak bencana yang merugikan, jika terjadi bencana.


"Dengan bekal dan kemampuan yang diberikan, diharapkan masyarakat menjadi lebih aktif dalam setiap pengambilan keputusan dan melakukan kegiatan pembangunan berbasis pengurangan risiko bencana", jelasnya. 


Sementara itu, Danramil 0801/02 Kebonagung mengatakan, melalui pembinaan ini dapat membangun koordinasi dan kerja sama yang baik serta saling mendukung di berbagai sektor secara terpadu, sehingga penanggulangan bencana berjalan optimal. 

"Semoga pembentukan Desa tangguh bencana ini bisa bermanfaat dan memberikan pengalaman berharga bagi masyarakat tentang penanganan seandainya terjadi bencana serta dapat menyiapkan segala kebutuhan yang di perlukan sebagai standar operasional penanganan bencana”, ungkapnya.(*Red)

Lebih baru Lebih lama