Minimalisir Tindak Kejahatan, Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Optimalkan Siskamling.


KARYA LENSA|Pacitan - Sudah menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai Apkowil, untuk berperan aktif membantu masyarakat dalam meningkatkan pengamanan di wilayah. 


Dalam kesempatan ini, Koptu Tri Handoko Babinsa Koramil 0801/01 Pacitan Kodim 0801/Pacitan bersama warga melaksanakan kegiatan siskamling, berada di Kel. Sidoharjo, Kec./Kab. Pacitan, Jumat (10/05/2024) Dini hari. 


Siskamling sendiri merupakan suatu sistem yang dibentuk sebagai sarana untuk mewujudkan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat, selain membantu aparat penegak hukum dalam mencegah tindak kejahatan di wilayah.


Menurutnya, penting untuk dipahami bersama, bahwa masalah kamtibmas bukan semata-mata dibebankan kepada aparat keamanan saja, namun juga merupakan tanggung jawab bersama, baik aparat keamanan, pemerintah, dan seluruh warga masyarakat. 


"Dengan mengoptimalkan siskamling, diharapkan dapat meningkatkan keamanan dan ketertiban di lingkungan masyarakat. Siskamling yang kuat dan solid dapat membantu aparat penegak hukum dalam menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif", ujar Koptu Tri Handoko saat bersama warga. 


Lebih dari itu, dengan adanya kemajuan zaman yang semakin modern seperti saat ini, dirinya meminta kepada masyarakat agar manfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efektivitas siskamling. 


"Gunakan media sosial seperti HP untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi, utamanya dalam menyebarkan informasi tentang keamanan, sehinga tindak kejahatan dapat di minimalisir", ungkapnya.(*Red)

Lebih baru Lebih lama